Review Kumpul Kreavi Epside 8 di Jogja

Kemaren hari minggu tepatnya tanggal 9 Maret 2014 di Fakultas Teknik UNY, Kreavi baru aja ngadain acara kumpul kreavi di Jogja. Aslinya, nih acara harusnya dilaksanain pertengahan februari kemaren, tapi kare waktu itu Jogja kena ujan Abu dari gunung Kelud, jadinya di undur.

Oya,sebelumnya yang belum tau, tak kasih tau dulu. Kreavi itu website Indonesia untuk memajang portofolio desain. Baik Illustasi, tipografi, icon, dll. Semacam behance, devianart, tapi rasa lokal. Buka aja webnya kreavi.com . Nah, Kreavi sering ngadain kumpul kreavi. Yaitu acara semacam sharing bareng tentang dunia desain.

Di episode ke 8 ini kebetulan acaranya di Jogja. Yang dateng banyak banget. Kayaknya sih hampir seluruh anak-anak desain di Jogja pada dateng.

Acara di mulai jam 1, kita antri dulu untuk registrasi ulang. FYI, barang siapa yang udah daftar di web dan tidak datang pas acara, bisa ke back list untuk acara selanjutnya.

Habis registrasi bisa ngambil makanan kecil yang disediain panitia. Ada bolukukus, arem-arem, lemper, sarang burung, apa lagi ya, lupa 😀 . Jam 1.30an acaranya di buka. Kali ini menghadirkan 3 pembicara.

Pertama ada bang Heru. Doi ini comic artist. Fotografer juga. Kliennya 90% dari luar negri. Kenapa? karena orang luar lebih ngehargain karyanya, katanya. Setelah di pancing-pancing si Beni (Moderator kreavi), akhirnya doi mau membeberkan rate harganya. Sssst dia dibayar 25-50 dollar per jam. WOW! Kemaren dia juga bilang katanya lagi butuh asisten buat bantu nanganin jobnya. Gile, sampe gak kuat manage jobnya sendiri.

Kedua ada mas Ari (kalo gak lupa :D) . Doi nih freelance untuk infographic. Kayak gimana tu? langsung aja liat websitenya di miniaria.com . Kata dia 99% kliennya orang luar negri, karna orang Indonesia gak mau bayar mahal2 cuma demi desain kayak gitu (hadeh). Doi juga memberi wejangan, belajar komunikasi pakai bahasa inggris supaya lancar komunikasi dengan klien.

Terakhir ada mas Adit (kalo gak salah ya :D). Dia yang punya weirdsgn.com . Studio desain pembuat icon, GUI, dan Illustrasi. Awal mula dulu setelah lulus kuliah, dia kerja di Jakarata, kerjanya lupa pkoknya tidak jauh2 daru desain. Setelah itu dia menikah. Waktu itu gaji istrinya lebih besar dari gajinya. Karna tekanan metal karna gajinya kecil di banding istri (katanya) ,dia memberanikan mengundurkan diri dari perusahaan dan serius menggeluti dunia freelance (Nah lo, gile kan). Singkat cerita dia sukses dalam usahanya dan menyuruh istrinya resign dari perusahaan untuk membantu usahanya. WOW!

Setelah semua pembicara presentasi, terus sesi tanya jawab. Terus tanya jawab lagi. Terus tanya jawab lagi. Bincang2 santai gitu. Dan akhirnya acara selesai jam 4an sore.

Overall, acaranya asik. Gak sabar buat kumpul kreavi berikutnya.

Itu yang paling kanan si taufik, yang kemaren pas ujan abu gambar Albert Einstein

6 Replies to “Review Kumpul Kreavi Epside 8 di Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *