15 Tahapan Menjadi Illustrator Profesional

Dulu gw pernah dilarang bokap untuk gambar, atau lebih tepatnya serius dibidang gambar. Kenapa? karna menurut beliau gambar itu gak menjanjikan, gak ada harapan, gak bisa menghidupi gw kelak. Bokap pengin gw belajar yang bener, jadi anak rajin, terus kerja, terus mapan, terus nikah, terus terus punya anak, terus terusss ya gitu deh, monoton.
Dulu gw cuma bisa iyain aja, tapi seiring berjalannya waktu dan bergantinya hari *cieeh bahasanya* gw mulai ngerasa gambar adalah passion gw, gw cinta desain, gw cinta seni, gw cinta sesuatu yang berhubungan dengan gambar dan seni. Dan sampai lah gw bisa nyari uang jajan sendiri dengan passion gw ini, bokap mulai melunak, beliau udah ngerti kalo hobi gw ini gak cuma hobi buang2 waktu. Sampai akhirnya gw beneran hidup dari passion gw ini. Yap, sekarang gw menyandang status profesional dibidang ilustrasi alias orang yang menjadikan ilustrasi sebagai tumupuan hidup.
Untuk menjadi profesional dibidang ilustrasi, berikut tahapan hidup yang bisa jadi akan dan sudah pernah kamu alami :
1. Waktu SD, buku kamu lebih banyak coretan gambar dibanding tulisan.
2. Kamu mulai menggambar karakter-karakter kartun idolama, Dragon Ball selalu masuk daftar ini.
3. Kamu mulai dapat pesenan gambar dari temen-temen dekatmu yang dengan suka rela menyerahkan bukunya untuk kamu coret2.
4. Bernjak dewasa, hobi kamu menggambar mulai jadi permasalahan orang tua karna kamu lebih banyak gambar ketimbang belajar.
5. Lulus SMA biasanya kamu ingin masuk jurusan desain atau seni, tapi orang tua gak ngasih ijin.
6. Kamu mulai ikut komunitas-komintas desain
7. Kamu udah ngerasa jago
8. Kemudian kamu ketemu orang yang lebih jago, dan orang itu ngejek karya kamu
9. Kamu mulai instopeksi diri, ternyata emang iya, karya kamu masih standart.
10. Kamu mulai latihan sendiri meningkatkan skill
11. Karyamu mulai bagus dan mulai di hargai
12. Orang-orang senang dengan karyamu lantas memesan karyamu dengan imbalan terimakasih.
13. Kamu mulai memberanikan diri memasang tarif kepada siapapun yang mau menggunakan jasamu.
14. Uang jajanmu bertambah karna hobimu ini bisa menghasilkan uang.
15. Terakhir, kamu mulai menekuni dan menjadikan desain sebagai pekerjaan utama.
Eh ini kok jadinya curhat yaa. Huehehehee
Pesan gw, apapun profesinya, selalu lakukan dengan passion and love!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *