3 website online course terbaik untuk meningkatkan skill

Bismillah..
 
Ilmu adalah salah satu investasi terbaik untuk diri sendiri. Saya selalu ingat nasihat guru saya “investasi ilmu jauh lebih menguntungkan di banding apapun.”
 
“Investasi harta bisa habis, investasi barang bisa expired, investasi saham bisa rugi, tapi kalau investasi ilmu, bisa anda nikmati semuru hidup”.
 
Sekarang, hampir setiap bulan saya selalu memyisihkan uang untuk investasi ilmu. Mulai dari untuk beli buku, sampai beli kursus atau ikut workshop berbayar.
 
Ternyata setelah saya praktikan benar juga. Uang 200-300 rb kalau di pakai beli pakaian paling cuma dapat 2-3 potong. Buat beli makanan, masuk perut, besoknya ilang. Hehee
 
Tapi kalau di investasikan ke ilmu, hasilnya bisa di nikmatin sampai sekarang. Bahkan tak jarang dari ilmu yang didapat, malah memberi pemasukan yang berlipat-lipat.
 
Biasanya untuk upgrade ilmu/skill, saya lebih suka ikut kursus online. Selain gak perlu repot datang ke tempatnya, saya juga bisa belajar kapan saja dan dimana saja.
 
Ada 3 website yang sangat saya rekomendasikan untuk anda yang ingin upgrade ilmu/skill.
 
1. Udemy (www.udemy.com)
Mungkin Udemy adalah online course terbesar saat ini. Hampir semua kursus dari mulai desain, pemograman, internet marketing, semuanya ada. Bisa di bilang Udemy ini universitasnya internet.

2. Skillshare (ww.skillshare.com)
Sama seperti Udemy, hampir semua kursus juga bisa anda temukan di SkillShare. kursus di SkillShare lebih ke kreatif oriented. Bedanya dengan Udemy, sistem pembayaran di SkillShare pakai membership, kalau di Udemy pakai pay-per-course.

3. Lynda.com
Lynda.com juga menawarkan online kursus yang beragam. Pembahasan materi yang sangat detail dan kualitas materi yang bagus menjadi nilai lebih Lynda.com . Sistem pembayaran di Lynda sama seperti SkillShare, yaitu dengan membership.
 
Saya sudah merasakan manfaatnya dan sangat merekomendasikan anda untuk membeli e-course di ketiga website tersebut.
 
Namun ada kekurangan dari 3 website diatas untuk kita orang Indonesia, yaitu pembayaran yang menggunakan kartu kredit, dan materi kursus yang menggunakan bahasa inggris. Kadang, itu menjadi masalah klasik untuk kita yang tinggal di Indonesia.
 
Untuk itu saya berencana mengembangkan www.hayacademy.net sebagai platform online course yang ramah untuk orang Indonesia.
 
Harapan saya supaya semua orang di Indonesia bisa belajar dengan biaya yang murah, dan dapat menjangkau ke semua daerah Indonesia. Gak perlu jauh-jauh pindah pulau, gak perlu repot jauh dari keluarga.
 

Semoga bisa terlaksana, ya.
 
 

Share this :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *