5 Keuntungan Bekerja Sebagai Freelancer

Bismillah..

Mungkin anda pernah atau akan berpikir “Kerja freelance kan gajinya gak tetap, emang bisa untuk biaya hidup?”

Jawabannya, sangat bisa!

Emang cukup?

Lebih dari cukup!

Buktinya?

Saya sendiri. Hehee

Begini teman-teman, cerita sedikit ya. Sejak awal tahun 2016 saya memutuskan resign dari kantor dan menjadi fulltime freelancer. Sebelum itu, saya kerja kantoran sambil nge-freelance. Alhamdulilah pendapatannya jadi 2x lipat.

Namun, kadang-kadang pendapatan nge-freelance malah lebih besar dari gaji kantoran. Kemudian lama-lama tergoda untuk resign. Akhirnya setelah resign dan menjadi fulltime freelancer, alhamdulilah pendapatan saya malah melesat jauh lebih besar dibanding saat kerja kantoran + nge-freelance.

Dari pengalaman saya, ada beberapa keuntungan saat bekerja menjadi freelance:

1. Bisa untuk kerja sampingan

Untuk anda yang sekarang statusnya sudah bekerja, cara termudah mendapat penghasilan tambahan adalah dengan kerja freelance. Anda bisa memanfaatkan waktu saat sedang tidak ada kerjaan di kantor atau selepas pulang kantor untuk menambah penghasilan.

2. Latihan untuk mendapat penghasilan sendiri

Jika anda masih sekolah atau kuliah, kerja freelance cocok untuk dijadikan latihan dan belajar cara mendapat penghasilan sendiri. Saya mulai nge-freelance itu sewaktu kuliah, alhamdulilah belum lulus kuliah bisa jalan-jalan ke Singapore pakai uang hasil nge-freelance 😀

3. Solusi untuk anda yang sulit mendapat kerjaan

Kerjaan freelance, khususnya di Internet itu jumlahnya sangat buuuanyaaaak (Saking banyaknya. Hehee). Bahkan disalah satu situs freelance aja dalam sehari bisa ada ribuan pekerjaan baru. Nah untuk anda yang sudah melamar pekerjaan sana-sini namun belum ketrima, jangan patah semangat, diluar sana masih banyak pintu rezeki yang terbuka untuk anda.

4. Ga butuh gelar tinggi untuk bekerja freelance

Lupakan pendidikan terakhir anda. Anda tidak akan ditanya ijazah terakhir, lulusan dari mana, atau nilai sekolah anda berapa. Ga peduli anda berasal dari desa atau lulusan SMA, semua punya peluang yang sama.

5. Bisa kerja dimana aja dan kapan aja

Point ini adalah yang membuat saya sangat menyukai konsep kerja freelance. Saya bisa kerja darimana saja, tanpa perlu ngantor, tanpa perlu macet-macetan dijalan, dan bisa lebih dekat dengan keluarga.

Lalu bagaimana caranya memulai kerja freelance?

Ada banyak website yang bisa anda coba. Saya sudah pernah menuliskan artikelnya di Group ini, judulnya “5 Website terbaik untuk memulai kerja freelance”. Anda bisa membacanya kembali jika belum sempat membaca.



Share ya!

Share this :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *