fbpx

9 pekerjaan freelance terbaik untuk mendapat tambahan penghasilan

Share on facebook
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Bismillah..

Awal mula saya kenal freelance itu pas jaman kuliah. Niat awalnya mau nyari tambahan uang jajan. Alhamdulilah malah jadi pintu rezeki saya sampai sekarang.

Karena jadi freelancer gak butuh ijazah/gelar yang tinggi (gak akan ada yang nanya anda lulusan apa 😀 ), dulu sempet kepikiran ngapain capek-capek kuliah kalau udah bisa ngehasilin duit. Hehee *jangan di tiru*

Sebetulnya, ada banyak sekali jenis pekerjaan freelance yang bisa anda kerjakan.

Namun saran saya, mulailah kerjakan dari apa yang anda suka.

Nah, untuk anda yang mau nyari tambahan penghasilan atau berniat terjun ke dunia freelance, berikut ini 9 jenis perkerjaan yang paling banyak dicari dan bisa anda kerjakan secara freelance:

1. Penulis

Jika anda hobi menulis dan merasa punya bakat menulis, jangan disia-siakan untuk menulis status facebook aja. Hehee. Banyak sekalai pekerjaan freelance sebagai Content Writers di luar sana. Bayarannya bisa perkata, per tulisan, atau per jam. Coba saja kunjungi situs-situs freelance, pasti banyak yang butuh jasa penulisan (Saya pernah menulis tentang 5 website freelance terbaik disini : https://bit.ly/2HUGIYj )

2. Translator

Nah, kalau yang ini harta karunnya yang jago bahasa inggris/asing. Anda yang jago dalam berbahasa inggris/asing punya peluang sangat besar mendapatkan uang lewat pekerjaan sebagai translator. Banyak sekali pekerjaan sebagai translator, mulai dari menerjemahkan buku, dokumen perusahaan, hingga subtitle film.

3. Entry data

Bisa dibilang ini adalah pekerjaan yang tidak membuthkan skill khusus. Anda hanya perlu ketelitian dan pemahaman penggunaan sofware untuk input data seperti microsoft exel ataupun microsoft office.

4. Mobile developer

Seiring perkembangan smart phone yang semakin pesat, mobile developer juga merupakan pekerjaan freelance yang banyak dibutuhkan. Di situs situs freelance, mobile developer menjadi salah satu pekerjaan dengan bayaran yang cukup besar.

5. Web developer

Sama seperti Mobile Dev, Web Developer juga semakin banyak dibutuhkan seiring berkambangnya teknologi.

6. User testing

Pekerjaan yang satu ini tugasnya adalah menguji sebuah produk sebelum di rilis ke pasar. Misalkan ada game yang ingin di rilis, tugas anda sebagai user testing adalah menguji game tersebut dan menemukan celah apa saja yang masih kurang.

7. Social media marketing

Sebagai social media marketing, tugas anda adalah memenage akun social media dan meciptakan engagement dangan pelanggan. Semakin markanya bisnis online, pekerjaan sebagai social media marketing juga semakin banyak di butuhkan.

8. Animator

Buat anda yang suka membuat video animasi, banyak kok perusahaan yang butuh di buatkan video untuk iklan, video explainer, maupun company profile. Saran saya, buatlah portofolio yang bagus, lalu coba pasarkan melaui social media atau bisa langsung ke situs freelance (baca tentang 5 website freelance terbaik disini : https://bit.ly/2HUGIYj )

9. Graphic designer

Ini adalah primadonanya freelance sekarang. Semua bisnis/perusahaan pasti butuh desain. Dari mulai desain logo, brosur, kaos, sampai keperluan marketing lainnya pasti membutuhkan desain. Maka dari itu, Graphic Design adalah pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan.

Nah, itu tadi kesembilan jenis pekerjaan freelance terbaik yang bisa anda jadikan untuk mendapat tambahan penghasilan.


Share ya!

0Shares
yoko

yoko

About Me

Yoko Bomb adalah seorang full time freelancer yang yang telah berpengalaman selama 7+ tahun dengan berbagai macam klien dari dalam maupun luar negeri. 

Download Gratis Ebook :

Mau Dapat tips seputar freelance dan making money online melalui email ?

Join Gratis di Mailing List saya. 45.000+ orang sudah bergabung!

Recent Posts